BERITA & ARTIKEL
Pemusnahan Barang Bukti Narkotika dan Obat-obatan Terlarang di UPT RSUD Kota Salatiga
 
 

Pemusnahan barang – barang bukti Psikotropika di RSUD Salatiga oleh dr. AGUS SUNARYO, Sp.PD, Reporter Radar Bhayangkara Indonesia Jawa Tengah.

 

Sebagai bentuk dukungan terhadap pemerantasan narkoba dan mengampanyekan moto Say No To Drug, RSUD Salatiga mengambil peran dalam memerangi tindak kejahatan perdagangan psikotropika dalam menyediakan alat pemusnah dan pembakar yg disebut Insenerator pada hari Kamis tanggal 16 Maret 2017.

Sejumlah barang bukti yang sudah memiliki kekuatan hukum yang besifat tetap dari tangan para terdakwa antara lain : 675gr shabu beberapa pil ekstasi, lexotan, dan 2 pot pohon ganja di musnahkan di insnerator milik RSUD Kota Saltiga. Peran RSUD Salatiga sepeti yang disampaikan oleh direktur rsud dr. Agus Sunaryo, Sp.PD. Kami sangat membantu dalam memerangi peredaran narkoba karena selain merusak moral narkoba akan memundurkan kualitas satu genrasi yang menyalahgunakan obat terlarang tersebut maka kami membantu memusnahkan barang bukti tersebut dan tahun 2017 ini adalah tahun kedua setelah kami juga memusnahkan barang bukti seripa di bulan Agustus tahun 2016 yang lalu.

Pada pemusnahan barang bukti yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap itu dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Salatiga dengan menghadirkan Forkiompimda Kota Salatiga, tampak hadir pada acara terseut adalah Pejabat Walikota Salatiga Drs. Mohammad Rofai, M.Si, Kajari Salatiga Bambang Setiadi, SH , Mayor Burhanudin mewakili Kepala Kodim dan Kapolres Salatiga AKBP Happy Perdana, SH yang dengan seksama mengikuti acara pemusnahan barang bukti shabu.

Insenerator yang canggih

Dalam sambutannya Kajari Salatiga mengatakan bahwa SOP pemusnahan barang bukti Psikotropika dilakukan secara terbuka dihadapan sejumlah pejabat berkompeten dan tokoh masyrakat yang ada, dahulu dilakukan mempergunakan pembakaran melalui tong baja namun pelaksanaan tersebut dirasa tidak efektif selain prosesnya terlalu lama, menurut saya yang memiliki alat pembakar yang canggih hanya dua yaitu satu BNN Pusat dan RSUD Kota Salatiga maka kami memilih RSUD Salatiga sebagai pilihan pembakaran tersebut, selain tidak berasap tidak berbau dan hasilnya efisien.

Senada dengan itu kata sambutan dihadapan para tamu undangan yang juga disaksikan oleh insan pers dan kuli disket walikota mengatakan narkoba sangat berbahaya dan merusak kebudayaan bangsa maka acara pembakaran ini setidak – tidaknya dapat mengurangi bukan menghilangkan sama sekali kasus – kasus Psikotropika, saya berharap dan menaruh penghargaan kepada kejaksaan negeri yang sigap memusnahkan batrang haram tersebut agar dimasa yang akan datang peredaran narkotika obat – obatan terlarang termasuk shabu tidak terulang kembali.

Insenerator yang dipakai adalah insenerator model terbaru dengan memakai teknologi sprayer dan blower yang dapat mempercepat proses pembakaran dan dengan panas yang dapat mencapai 1300◦ celcius menyebabkan barang yang dibakar termasuk logam – logam ringan seperti jarum suntik dan tutup botol vaksin manjadi debu dan dijamin tidak berasap, smokeless dan tidak berbau.

Pembakaran tersebut hanya memerlukan waktu tidak kurang dari 15 menit yang dilakukan oleh petugas Insenerator yang telah bersetifikat.

 

 

 

 
 
     
 
KONTAK KAMI
RSUD KOTA SALATIGA
Jl. Osamaliki No.19 Salatiga
Telp. (0298)-324074, Fax. (0298)-324074
Email : rsud.kotasalatiga@gmail.com